Info Terbaru

Apa Saja Karakter Dasar Manusia>> Blog Berbagi

BLOG BERBAGI - Menurut buku Personality Plus karangan Florence Littauer ada beberapa sifat atau karakter manusia. Nah, mungkin dengan mengenal sifat ini maka kita bisa mengenali diri kita sendiri untuk selanjutnya memahami watak orang lain di sekitar kita.


Begini, menurut Littauer, sifat dan watak manusia itu ada empat macam. Pertama Kolerik (ingin tampil kedepan, bersifat keras layaknya komandan tempur). Kedua Sanguinis (periang, hampir tak pernah kelihatan susah namun pelupa dan selalu ingin mendapat perhatian orang lain). Ketiga Melankolik (serius, sistematis dan selalu memikirkan sebuah tindakan masak-masak sebelum melakukannya). Keempat Plegmatis (pasrah, tidak suka bertengkar dan nurut saja mana yang paling mudah).


Mari kenali kepribadian kita lebih jauh. Dalam dunia psikologi, dikenal yang namanya 4 tipe kepribadian : Melankolis, Plegmatis, Sanguinis dan Koleris, atau ada juga yang langsung mengkategorikannya sesuai dengan sifat dominan masing-masing tipe, yaitu :

  • Melankolis si sempurna
  • Plegmatis si damai
  • Sanguinis si popular dan
  • Koleris si kuat

Nah , trus saya dan anda termasuk yang mana? Ini cara sederhana memahami keempat watak dasar manusia :


MELANKOLIS SI SEMPURNA


Kau begitu sempurna, dimataku kau begitu indah. Ingat dengan lirik lagu ini? Lagunya Andra and the backbone dengan judul sempurna. Pas banget dengan sifat manusia yang akan kita bahas sekarang yaitu Melankolis si sempurnaaa.


Kalau nemu temen orangnya pemikir, sensitive, romantic, teratur, bisa dipastikan 99,99% dia tipe orang melankolis. Si Melankolis mempunyai rasa empati yang tinggi, tak jarang kalau ada temen yang ada masalah dialah orang pertama yang merasakannya bahkan menjadi pendengar yang baik. Selain berempati, melankolis juga romantis banget.


Si Melankolis ternyata punya bakat perfeksionis harus sempurnaaa. Dia juga tipe pemikir, orang bertipe ini cenderung mempunyai rasa seni yang tinggi, suka akan gambar, grafik dll, cukup berbakat menjadi seorang seniman entah music atau pelukis.


Nah ini dia tipe pekerja teratur. Senangnya rapi dan sistematis. Dalam menyelesaikan pekerjaan maka seseorang yang berwatak melankolik akan memilih cara terbaik (Best Way), bagaimanapun caranya. Kalau ada manualnya maka dia akan mengikuti manual itu 100% benar. Dia bekerja sangat tekun dan serius, dan selalu menuntut hal yang sama terhadap anak buah atau rekan-rekannya. Kalau ada yang melencenga sedikit dari kemauannya maka dia akan murung dan muram sepanjang hari. Orang melankolik ini cepat sekali tersentuh perasaannya. Hidupnya teratur dan kalau berpakaian selalu rapi dan charming. Mereka juga kadang suka sekali namanya berkorban, bahkan mengorbankan diri mereka sendiri demi orang lain, tidak suka menonjolkan diri, lebih memilih bekerja dibalik layar, keknya nggak mau terkenal.


Ok, sudah cukup membanggkan diri sebagai melankolis. Sekarang kita bahas sisi jeleknya, tipe melankolis orangnnya super sensitive, mereka suka yang namanya menyendiri, kadang juga terjebak dimasa lalu dengan ratusan kisah sedih sambil meratapi nasib dan suka membesar-besarkan masalah, mengapaaaaaaaaaaaaa aku begini……….
Melankolis umumnya tertutup, kalau ada masalah biasanya diumpetin, kalau dibagi pasti dibagi dengan orang yang paling dipercaya entah keluarga ataupun teman. Mereka juga kadang suka merendahkan diri, padahal apa yang dikerjakannya mungkin lebih bagus dari orang lain, istilahnya rumput tetangga lebih hijau dan juga takut kegagalan. Pikirannya selalu negative dan nggak ada motivasi, idealis, kalau dirasa sesuatu tidak sesuai dengan kehendaknya mereka kadang suka ngedumel.


KEKUATAN :
Analitis, mendalam, dan penuh pikiran
Serius dan bertujuan, serta berorientasi jadwal
Artistik, musical dan kreatif (filsafat & puitis)
Sensitive
Mau mengorbankan diri sendiri dan idealis
Standar tinggi dan perfeksionis
Senang perincian/memerinci, tekun serba tertib dan teratur (rapi)
Hemat
Melihat masalah dan mencari solusi pemecahan kreatif (sering terlalu kreatif)
Kalau sudah mulai, dituntaskan
Berteman dengan hati-hati
Puas dibelakang layar, menghindari perhatian
Mau mendengar keluhan, setia dan mengabdi
Sangat memperhatikan orang lain


KELEMAHAN
Cenderung melihat masalah dari sisi negative (murung dan tertekan)
Mengingat yang negative dan pendendam
Mudah merasa bersalah dan memiliki citra diri rendah
Lebih menekankan pada cara daripada tercapainya tujuan
Tertekan pada situasi yang tidak sempurna dan berubah-ubah
Melewatkan banyak waktu untuk menganalisa dan merencanakan (if..if..if…)
Standar yang terlalu tinggi sehingga sulit disenangkan
Hidup berdasarkan defenisi
Sulit bersosialisasi
Tukang kritik tetapi sensitive terhadap kritik/yang menentang dirinya
Sulit mengungkapkan perasaan (cenderung menahan kasih syang)
Rasa curiga yang besar (Skeptis terhadap pujian)
Memerlukan persetujuan.


PLEGMATIS SI PENCINTA DAMAI


Sekarang kita bahas si cinta damai dulu deh… kaum plegmatis umumnya menghindari konflik. Kepribadin yang satu ini terbilang netral, bagi mereka perdamaian itu nomer satu, perdamaian, perdamaian peeerdamaiaaan. Pribadinya yang tenang dan juga penyabar, membuat ia terlihat kalem, serta menyenangkan diajak gaul.


Dia juga manusia yang paling menyenangkan bagi semua orang. Orang plegmatis ini nyaris tidak pernah marah. Senyumnya tulus. Hanya saja seperti orang yang tidak punya ambisi. Orangnya damai dan tidak suka bertengkar. Dia juga pemalu dan cenderung tidak ingin menonjol dikeramaian. Seorang plegmatis akan menerima pendapat orang lain apapun itu, meski belum tentu ia mengerjakannya. Kalau melakukan pekerjaan maka orang plegmatis akan melakukannya dengan cara yang paling mudah (Easy Way), kadang-kadang dengan menempuh jalan pintas.


Nah, kalau tadi dalam si melankolis cenderung memilih sendiri, si plegmatis mereka juga tipe pendengar, jadi kalau misalkan anda memperhatikan seorang teman yang asik mendengarkan temannya dialah si plegmatis.


Ok, sekarang buruknya neh, orang plegmatis orang simple, ngak mau melibatkan diri dalam konflik bahkan konfliknya sendiri alias pengen mudahnya, kalau ada yang mudah ngapain dipersulit??, kalau disuruh mengambil keputusan sering kali ditunda-tunda, jadi punya temen plegmatis keknya harus dicambukin biar jalan, apalagi sifat nggak bersemangat dan malesnya yang nggak ketulungan.


Selain males, suka menunda-nunda dan ambil enaknya ternyata mereka juga kikir, sedikit egois dan penakut.


KEKUATAN :
Mudah bergaul, santai, tenang dan teguh
Sabar, seimbang, dan pendengar yang baik
Tidak banyak bicara tetapi cenderung bijaksana
Simpatik dan baik hati (sering menyembunyikan emosi)
Kuat dibidang administrasi dan cenderung segalanya terorganisasi
Penengah masalah yang baik
Cenderung berusaha menemukan cara termudah
Baik dibawah tekanan
Menyenangkan dan tidak suka menyinggung perasaan
Rasa humor yang tajam
Senang melihat dan mengawasi
Berbelas kasihan dan peduli


KELEMAHAN :
Kurang antusias, terutama terhadap perubahan/kegiatan baru
Takut dan khawatir
Menghindari konflik dan tanggung jawab
Keras kepala, sulit kompromi (karena merasa benar)
Terlalu pemalu dan pendiam
Humor kering dan mengejek (sarkatis)
Kurang berorientasi pada tujuan
Sulit bergerak dan kurang memotifasi diri
Lebih suka sebagai penonton daripada terlibat
Tidak suka didesak-desak
Menunda-nunda/menggantungkan masalah


SANGUINIS SI SUPERSTAR


Kita bahas si superstar nih (tipe saya ini,hehehe), orang dengan tipe sangunis terkenal dengan banyak omongnya, dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta menguasai pembicaraan. Sanguis memiliki hasrat untuk bersenang-senang yang tinggi, mereka suka akan ketenaran, perhatian, kasih sayang dan dukungan dari orang lain.


Tipe sanguinis juga memiliki rasa optimis yang tinggi, humoris dan mudah bergaul, emosi mereka juga seperti plegmatis yaitu cepat berubah, sesaat mereka bisa terlihat bahagia namun beberapa saat kemudian menangis Bombay. Mereka juga senang mengutarakan joke sehingga membuat orang-orang disekitarnya senang.


Bagaimana seorang sanguin harus menyelesaikan pekerjaannya? Ini susahnya. Orang sanguin ini orangnya gampangan. Cara dia menyelesaikan pekerjaanya adalah dengan cara yang dianggapnya paling menyenangkan (Fun away). Bagi dia kalau pekerjaan itu menyenangkan baginya maka dia bisa-bisa tidak ingat waktu. Sayangnya sang sanguin ini terkesan bertele-tele karena ingin selalu mencari celah-celah pekerjaan yang bagi dia bisa menimbulkan kegembiraan. Si Sanguin ini juga suka menunda-nunda pekerjaan bahkan kerap melupakan apa yang sudah dikerjakannya. Sikapnya cenderung seenaknya. Kalau ada keramaian maka orang sanguin ingin selalu tampil paling nenonjol, entah dari segi pakaiannya, teriakannya yang menarik perhatian orang atau tingkah lakunya yang nyentrik.


Si Sanguin ini bisa diibaratkan seorang anak yang terkurung dalam tubuh orang dewasa. Awet muda dan senang bermain-main. Negatifnya orang tipe sanguin umumnya berfikiran pendek, sulit berkonsentrasi dan tidak teratur. Mereka dapat stress jika terjebak dalqm situasi yang mana hidupnya terasa tidak menyenangkan karena orang sanguin takut untuk tidak populer. So, jadi kalau misalkan dalam sebuah kelompok ada orang yang banyak omong, dialah si Superstar.


KEKUATAN :
Suka bicara
Secara fisik memegang pendengar, emosional dan demonstrative
Antusias dan ekspresif
Ceria dan penuh rasa ingin tahu
Hidup dimasa sekarang
Mudah berubah (banyak kegiatan/keinginan)
Berhati tulus dan kekanak-kanakan
Senang kumpul dan berkumpul (untuk bertemu dan bicara)
Umumnya hebat dipermukaan
Mudah berteman dan menyukai orang lain
Senang dengan pujian dan ingin menjadi perhatian
Menyenangkan dan dicemburui orang lain
Mudah memaafkan (dan tidak menyimpan dendam)
Mengambil inisiatif/menghindar dari hal-hal atau keadaan yang membosankan
Menyukai hal-hal yang spontan.


KELEMAHAN :
Suara dan tertawa yang keras (terlalu keras)
Membesar-besarkan suatu hal/kejadian
Susah untuk diam
Mudah ikut-ikutan atau dikendalikan oleh keadaan atau orang lain (suka nge-Gank)
Sering minta persetujuan, termasuk hal-hal yang sepele
RKP! (Rentang Konsentrasi Pendek)
Dalam bekerja lebih suka bicara dan melupakan kewajiban
Mudah berubah-ubah
Susah datang tepat waktu jam kantor
Prioritas pekerjaan kacau
Mendominasi percakapan, suka menyela dan susah mendengarkan dengan tuntas
Sering mengambil permasalahan orang lain, menjadi seolah-olah masalahnya
Egoistis
Sering berdalih dan mengulangi cerita yang sama
Konsentrsi ke”How To Spen Money” daripada “How To Earn/Save Money”


KOLERIS SI KUAT


Masuk kebagian terakhir nih, kita bahas si kuat, orang tipe ini biasanya suka mengatur dan memerintah orang, dia nggak mau ada orang berdiam diri saja sementara dia sibuk kerja/beraktivitas. Orang koleris suka akan tantangan, sangat suka bertualang, mereka juga tegas. Tak heran banyak dari usahanya yang sukses karena memang sifatnya yang juga pantang menyerah dan juga mengalah.


Sisi negagatifnya mereka orang yang tidak sabaran, segalanya harus cepat karena memang sifat keproduktivitasnya yang tingggi. Kolerik ini juga sengang mengatur orang lain akan tetapi dia sendiri tidak suka kalau dipaksa-paksa untuk melakukan sesuatu.


Mereka juga gampang sekali marah, dan suka berprilaku kasar. Jadi kalo nemu temen kerjanya uring-uringan, suka berkata kasar dan gampang marah, dialah koleris.

Mereka juga suka akan kontroversi dan pertengkaran, bertolak belakang dengan plegmatis yang cinta damai. Sifa mereka juga kurang bersimpati dengan sesama suka memanipulasi dan memperalat orang lain dan juga kalau salah, susah banget meminta maaf.



Orang Koleris sedikit mirip dengan Sanguis mereka gampang bergaul dan optimis. Mereka juga bias berkomunikasi dengan baik dan terbuka dengan orang lain, hmmmmm tipe orang seperti ini cocok sebagai pemimpin.


Kalau menyelesaikan suatu pekerjaan maka seorang Kolerik akan menyelesaikannya dengan caranya sendiri (My Way). Dia sunggguh kreatif, bahkan kalau ada manual sekalipun maka dia tidak suka menuruti manual tersebut. Pokoknya si Kolerik akan berusaha menyelesaiakan pekerjaan itu sampai tuntas. Syaratnya harus dengan cara yang diyakininya benar bukan dengan cara orang lain. Hambatan apapun akan diterjangnya guna mencapai tujuan.


KEKUATAN
Senang memimpin, mebuat keputusan, dinamis dan aktif
Sangat memerlukann perubahan dan harus mengoreksi kesalahan
Berkemauan keras dan pasti untuk mencapai sasaran/target
Bebas dan mandiri
Berani menghadapi masalah dan tantangan
“Hari ini lebih baik dari hari kemarin, hari esok harus lebih baik dari hari ini”.
Mencari pemecahan praktis dan bergerak cepat
Mendelegasikan pekerjaan dan orientasi berfokus pada produktivitas
Terdorong oleh tantangan dan tantangan
Tidak begitu perlu teman
Mau memimpin dan mengorganisasi
Biasanya benar dan punya fisi kedepan
Unggul dalam keadaan darurat


KELEMAHAN
Tidak sabar dan cepat marah (kasar dan tidak taktis)
Senang memerintah
Terlalu bergairah dan tidak/susah untuk santai
Menyukai kontroversi dan pertengkaran
Terlalu kaku dan kuat/keras
Tidak menyukai air mata dan tidak simpatik
Tidak suka yang sepele dan bertele-tele/terlalu rinci
Sering membuat keputusan dan tergesa-gesa
Memanipulasi dan menuntut orang lain, cenderung memperalat orang lain.
Menghalalkan segala cara demi tercapainya tujuan
Workholiscs (kerja adalah “tuhan”-nya)
Amat sulit mengaku salah dan meminta maaf.
Mungkin selalu benar tetapi tidak popular.