Info Terbaru

Tips Berhenti Merokok dengan Berjalan Kaki

Blog Berbagi - Berhenti merokok terbukti secara ilmiah mudah untuk dilakukan. Peneliti dari Exeter University menemukan berjalan kaki dapat membantu orang menghentikan kebiasaan merokoknya. ''Berjalan kaki sejauh satu mil dapat membuat perokok berhenti menyulut dan menghisap rokok selama 15 jam,'' ujar Dr Adrian Taylor dari University of Exeter's School of Sport and Health Sciences kepada BBC.

Lewat penelitian ini ilmuwan dari Exeter University melihat adanya penurunan keinginan merokok setidaknya selama 20 menit setelah berjalan kaki. Keinginan merokok terbukti lebih rendah pada orang yang melakukan olah raga tadi daripada mereka yang tidak melakukan apapun. Perokok pun mengaku keinginan merokok yang timbul untuk melegakan gejala negatif yang dirasakannya berkurang saat mereka berjalan kaki. Temuan ini dianggap cukup mengejutkan oleh Taylor. Untuk pertama kalinya Taylor memiliki bukti ilmiah tentang manfaat olah raga ringan bagi penghentian kebiasaan merokok. ''Aktivitas yang sederhana rupanya dapat menghasilkan efek yang dramatis terhadap keinginan merokok,'' paparnya.


Kendati demikian, Taylor belum bisa menjelaskan bagaimana hal itu bisa terjadi. Namun, dalam riset yang melibatkan hewan percobaan terlihat keinginan untuk mendapatkan zat yang menimbulkan kecanduan berkurang dengan melakukan olah raga. ''Ketika berolah raga, otak melepaskan neurotransmitter dopamine yang bertindak selaku jalur menuju kesenangan, seperti ketika mendapatkan hadiah,'' ungkapnya. Rokok, lanjut Taylor, juga memicu timbulnya rasa nikmat. Mulai dari rasa terangsang dan terbebaskan dari beban. ''Dengan sendirinya, olah raga sangat mungkin menggantikan efek rokok yakni dengan menyediakan substansi yang sama bagi otak,'' imbuhnya.

Sekarang, Taylor tengah melakukan penelitian lanjutan untuk menentukan berapa lama efek olah raga itu dapat berlangsung. Ia ingin mendapat bukti yang lebih banyak tentang penurunan keinginan untuk merokok dan hubungannya dengan waktu penyulutan rokok yang selanjutnya. Di Inggris, sekitar 8 juta perokok ingin berhenti merokok namun hanya 20 sampai 30 persen saja yang berhasil melakukannya. 

Sumber: Docstoc.com