Info Terbaru

10 Penyebab Masalah Gigi Sensitif

10 Penyebab Masalah Gigi Sensitif
10 Penyebab Masalah Gigi Sensitif - Gigi sensitif adalah masalah umum yang dialami banyak orang. Bagi kebanyakan orang, memiliki gigi sensitif itu sebuah kutukan. Bagaimana tidak, makanan panas dan dingin bikin gigi mudah ngilu. Untuk mengatasi gigi sensitif, sebaiknya kenali dulu penyebabnya. Berdasarkan everydayhealth.com, ada sepuluh penyebab masalah gigi sensitif.

1. Menyikat terlalu kuat. Kadang sensitivitas gigi berasal dari kebiasaan menyikat gigi terlalu kuat atau bulu sikat yang terlalu kasar.

2. Suka makanan terlalu asam. Penderita gigi sensitif tidak dianjurkan untuk mencoba makanan asam. Makanan asam membuat gigi jadi ngilu dan sakit.

3. Menggeretakkan gigi. Kebiasaan ini bisa mengekspos dentin, lapisan tengah gigi, yang berisi tabung rongga menuju saraf. Maka, sebaiknya hentikan kebiasaan menggeretakkan gigi.

4. Pasta gigi pemutih. Produsen pasta gigi biasanya menambahkan bahan kimia untuk formula pasta pemutih mereka. Jika pasta gigi ini menjadi penyebab gigi sensitif, segera beralih ke pasta gigi lainnya.

5. Pecandu obat kumur. Seperti pasta gigi pemutih, obat kumur juga mengandung alkohol dan bahan kimia lainnya. Itulah yang membuat gigi lebih sensitif, terutama jika dentin terbuka.

6. Penyakit gusi. Penyakit gusi semakin parah seiring bertambahnya usia. Masalah gusi bisa jadi penyebab gigi sensitif pada orang usia lanjut. Maka, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter tentang prosedur pengobatan terbaik.

7. Plak yang berlebihan. Tujuan dari menyikat gigi adalah menghilangkan plak yang terbentuk setelah makan. Penumpukan plak dapat menghilangkan email gigi, yang berarti gigi menjadi lebih sensitif. Solusinya, kunjungi dokter gigi untuk melakukan pembersihan plak setiap enam bulan sekali.

8. Prosedur perawatan gigi. Perawatan gigi yang Anda lakukan di dokter membuat gigi jadi sensitif. Ini hanyalah efek sementara dari perawatan gigi Anda. Namun, jika sakit atau ngilu tidak juga hilang, konsultasikan dengan dokter gigi Anda.

9. Gigi retak. Gigi patah atau retak dapat menyebabkan sensitivitas gigi. Dokter gigi bisa memberi saran terbaik untuk mengobatinya. Jadi, jangan diobati sendiri ya!

10. Ada pembusukan di sekitar tepi tambalan. Seiring bertambahnya usia, bakteri akan mudah menumpuk di celah-celah kecil gigi Anda. Kasus pembusukan tambalan sering terjadi pada penderita gigi sensitif.

Masalah gigi sensitif tentu dapat diobati. Anda mungkin bisa mencoba pasta gigi khusus gigi sensitif di pasaran. Yang terpenting adalah segera kunjungi dokter dan cari tahu apa pengobatan terbaik untuk jenis gigi sensitif Anda.
lihat juga
10 Penyebab Kenapa Gigi Menjadi Kuning
10 Cara Ampuh dan Alami Memutihkan Gigi Kuning

http://www.storyunic.com/2012/07/10-penyebab-masalah-gigi-sensitif.html