Info Terbaru

Teori Motivasi Menurut Abaraham Maslow

BLOG BERBAGI - Prinsip pikiran Abraham maslow berangkat dari kebutuhan manusia yang disusun secara hierarki dari kebutuhan fisiologis sampai kebutuhan pemenuhan diri. Abraham maslow menekankan prilaku manusia disebabkan oleh motivasi tertentu yang bergerak secara sistematis demi sebuah “grows need” atau pemuasan kebutuhan.


1. kebutuhan biologis.
Sesuai dengan yang dipaparkan soal No.1 diatas sebagai kebutuhan primer manusia. Ia berisi Insting yang diartikan sebagai prilaku tertentu yang sudah menjadi bawaaan manusia. Seperti;bercumbu memberi makan anak,merawat anah, dan prilaku agresif. Dan kebutuhan lainnya seperti Makan minum, istirahat, kebutuhan seksual, dll.


2. kebutuhan akan rasa aman.
kebutuhan akan keterikatan dan cinta. Manusia dari dasarnya memiliki kebuthan untuk berkelompok dan diterima oleh orang lain dalam tahap dan kedekatan tertentu.
Kebutuhan akan penghargaan., manusia butuh memiliki makna tersendiri dalam kehidupannya. Hal tersebutlah yang menjadi patakn seberapa kuat eksistensinya dalam duniannya.
Kebutuhan untuk pemenuhan diri, kita bukan saja ingin mempertahankan kehidupan tetrapi juga meningkatkan kualitas hidup., kita ingin meningkatkan potensi-potensi diri kita. Dengan ucapan maslow sendiri “what a man can be, he must be” ada beberapa bentuk peningkatan.
  • Mengembangkan potensi kreatifitas secara konstruktif 
  • Memeperkaya kualitas kehidupan dengan memperluas rentangan. 
  • Membangun hubungan yang hangat dengan orang lain disekitar kita 
  • Merusaha “Memanusia” dengan menjadi persona yang didambakan oleh orang lain. 
Seperti kata pepatah “percuma hadir kalau tidak tumbuh. Percuma tumbuh kalau tidak berkembang, percuma berkembang kalau tidak berguna“.