Info Terbaru

Tips Membuat Anak Mendekatkan Diri Pada Bulan Ramadhan

Blog Berbagi - Ada banyak cara untuk mengajarkan mengenai Ramadhan kepada anak-anak. Hal yang paling penting adalah kita mesti memberi contoh yang baik dengan berpuasa sesuai ketentuan dan menjaga perilaku. Hal ini akan ditiru oleh anak-anak. Jika anda sudah terbiasa memberikan contoh berpuasa yang baik, maka mudahlah bagi mereka untuk meniru dan menjalankan puasa yang baik. Berikut ini ada beberapa tips untuk mengajarkan anak-anak mengenai Ramadhan.
  1. Doronglah anak anda untuk berpuasa beberapa hari sesuai dengan umurnya. Jika mereka sudah hampir baligh, mintalah mereka berpuasa setidaknya selang seling (hari ini puasa besok tidak). Untuk anak-anak yang lebih muda, biarkan mereka berpuasa satu atau dua hari. Pujilah anak anda di depan teman-teman atau keluarga untuk kemauan mereka berpuasa. 
  2. Untuk para ayah, ajaklah anak-anak anda pergi ke masjid pada saat maghrib sehingga dapat berbuka bersama dengan para jamaah masjid. Ini akan mengajarkan anak tentang kelebihan berpuasa dan kebersamaan orang islam dalam mengabdi kepada Allah. 
  3. Jika anak anda belum bisa berpuasa, ajaklah mereka makan pada saat anda berbuka puasa walaupun mereka sudah makan sebelumnya. Terangkan pada mereka bahwa anda sekeluarga makan bersama untuk berbuka puasa. 
  4. Ajarilah anak anda doa berbuka puasa 
  5. Ajaklah anak anda untuk ikut pergi shalat Tarawih. Sehingga mereka sudah mengetahui mengenai sunnah nabi ini sejak dini. Jika mereka terlihat letih, biarkan mereka beristirahat di masjid. 
  6. Ajari mereka untuk bersedekah. Jika ada kesempatan, bersedekahlah di depan mereka dan katakan kepada mereka bahwa salah satu tujuan anda memperbanyak sedekah karena Allah SWT melipat gandakan pahalanya di bulan Ramadhan. 
  7. Mendorong mereka untuk membaca Alquran secara teratur dan terangkanlah bahwa ini adalah mengikut apa yang Nabi SAW dulu kerjakan semasa hidup beliau. 
  8. Ingatkan mereka jika mereka berperilaku kurang baik atau mengucapkan kata-kata yang kurang baik. Jelaskan bahwa hal-hal itu dapat mengurangi nilai ibadah puasa. 
  9. Bangunkan mereka kita waktu sahur dan sholat subuh, walaupun mereka tidak berpuasa. 
  10. Ajari mereka untuk memberi makan orang-orang yang berpuasa dan jelaskan apa balasannya dari Allah SWT. 
  11. Ketika hari Raya Idul fitri datang, usahakan mereka memakai pakaian mereka yang terbaik, dan ajaklah untuk shalat Idul Fitri. Jelaskan bahwa Idul fitri adalah hari kemenangan untuk Umat Islam. Perayaan-perayaan seperti Natal, Tahun Baru, Thanksgiving, Easter, dan lain-lain adalah bukan perayaan umat Islam. Beri penekanan pada perbedaan hari-hari raya ini.