Info Terbaru

6 Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung

Blog Berbagi | Perut kembung dan Cara Mengatasinya - Perut kembung mungkin pernah dialami oleh hampir semua orang. Kembung merupakan pembengkakan tidak normal atau pembesaran diameter pada daerah seputaran perut yang menyebabkan perut terasa penuh dan mengakibatkan sakit perut.

Begitu banyak penyebab dari perut kembung ini, juga termasuk diet, sindrom refluks, intoleransi laktosa, iritasi usus hingga sambelit. Jika masalah perut kembung terus melanda keseharian anda, ada baiknya anda mengikuti sejumlah tips berikut ini agar perasaan kembung dapat teratasi.

1. Mengurangi asupan garam
Ada banyak jalan yang dapat ditempuh agar asupan garam dapat dikurangi demi mengatasi perut kembung. Yang pertama yaitu, dahulukan untuk mengkonsumsi makanan yang masih segar daripada yang sudah diolah. Begitu banyak produk makanan serta buah segar yang rendah akan kandungan garam. Contohnya, daging yang masih segar memiliki kandungan garam yang lebih rendah jika dibandingkan dengan daging yang sudah diolah seperti sosis, hama atau hot dog. Yang kedua adalah memeriksa label pada bungkus makanan dan memilih produk yang mengandung garam dengan jumlah sedikit.

2. Asupan air yang cukup
Perut kembung merupakan penanda bahwa makanan anda tidak diproses dengan benar oleh tubuh. Asupan air yang kurang dapat mengakibatkan perut kembung menjadi berlebihan. Dengan meminum beberapa gelas air putih dapat menolong saat tubuh menjaga keseimbangan natrium. Tetapi anda harus memastikan tidak meminum minuman bersoda untuk menggantikan asupan air. Sebagai pengganti jika anda sangat menginginkannya adalah dengan menambahkan sedikit lada hitam atau jeruk limau ke dalam air minum anda.

3. Berhati-hati meminum susu
Perut kembung dan Cara Mengatasinya - Berbagai produk susu memiliki kandungan gula alami yang juga dikenal dengan istilah laktosa yang dapat menganggu proses mencerna dan dapat menyebabkan perut kembung. Jika anda termasuk orang yang laktosa intoleran, sebaiknya hindari makanan seperti yogurt dan keju, dikarenakan bisa menimbulkan kram.

4. Menghindari minuman beralkohol
Jangan mengkonsumsi minuman beralkohol karena bisa menyebabkan perut kemubung. Hindari pula mengkonsumsi gula pengganti, misalnya, xylitol, isomalt, sorbitol, maltitol, eritrtol, manitol, laktitol serta hydrogenated starch hydrolysates (HSH) yang seringkali menambah rasa kembung di perut.

5. Bergerak aktif
Jika perut kembung melanda, bangkitlah segera dari tempat anda duduk. Jangan melewatkan untuk berolah raga tiap hari, jika anda merasa perut penih dan tak nyaman. Berolahraga merupakan solusi yang telah terbukti mengatasi berbagai macam gangguan pencernaan karena mampu mengatur sistem pada tubuh. Tetapi, bila anda masih merasa perut kembung, maka mungkin saja anda mengidap penyakit kembung kronis dan ini bisa menjadi penyakit serius misalnya celiac.

6. Membatasi makan
Memakan makanan dalam jumlah yang kecil tidak cuma berguna dalam membantu proses diet namun juga dapat menjadi cara yang baik guna mengatasi perut kembung. Disarankan anda memakanan makanan kecil 4-6 porsi dan jangan terburu-buru saat anda makan. Perut kembung dan Cara Mengatasinya - Semua itu digunakan untuk mengatasi perut kembung.