Info Terbaru

Khasiat Ampuh Buah Semangka

Blog Berbagi | Buah semangka sangatlah baik untuk dimakan saat musim panas karena dapat mengganti cairan dalam tubuh yang hilang saat anda berkeringat. Semangka terkenal sebagai buah yang paling banyak dicari saat musim panas datang. Musim panas terasa belum lengkap jika tidak makan semangka. Hal ini dikarenakan khasiat buah semangka yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Semangka juga dikenal sebagai salah satu buah antioksidan.

Memakan buah semangka adalah salah satu cara untuk menghilangkan haus dan mengalahkan rasa panas yang menyengat saat musim panas datang. Walaupun anda bisa mendapatkan semangka sepanjang tahun di pasar ataupun supermarket, tapi semangka sangatlah baik jika dipetik pada musim panas. Khasiat buah semangka yang terkandung didalamnya diantaranya adalah vitamin C, lycopene, vitamin B, vitamin A, dan menurunkan tekanan darah tinggi. Vitamin C yang terkandung didalam buah semangka setidak satu gelas buah semangka dapat memberikan sekitar 25 persen dari kebutuhan vitamin C tubuh anda dalam sehari. Jika anda setidaknya minum 4 gelas jus buah semangka tanpa air, maka anda telah memenuhi 100 persen kebutuhan vitamin C tubuh anda dan mengganti cairan dalam tubuh yang mungkin hilang bersama keringat.

Kandungan buah semangka lainnya adalah lycopene. Lycopene merupakan zat antioksidan yang membuat semangka dikenal sebagai buah antioksidan bersama dengan karotenoid. Kedua zat tersebut terkenal sebagai elemen pembentuk antibodi yang baik untuk memerangi sel kanker. Khasiat buah semangka lainnya adalah mengganti energi yang hilang dengan mengganti cairan dalam tubuh yang hilang akibat keringat yang membanjir dimusim panas. Hal ini karena buah semangka mengandung vitamin B yang menaikkan level energi dari tubuh seseorang.

Buah semangka juga mempunyai khasiat memperbaiki kemampuan anda melihat karena mengandung vitamin A bersama dengan lycopene yang bekerja dengan cara mencegah regenerasi dari makular maupun berbagai masalah kesehatan. Khasiat buah semangka yang terkenal bagi para penderita darah tinggi adalah kandungan asam amino yang terdapat didalamnya bernama arganin yang berfungsi menurunkan tekanan darah tinggi dan juga berfungsi sebagai pelindung serta memperbaiki daya tahan tubuh untuk melawan penyakit yang datang. Untuk menikmati semangka, anda dapat menggunakan berbagai cara seperti merubahnya menjadi smoothies atau jus dan anda bisa mendapdatkannya setidaknya dari lebih dari 1200 macam tipe buah semangka. Dari dua gelas semangka anda akan mendapatkan 46 kalori yang sama dengan kurang dari seperempat gram lemak, karnohidrat yang terkandung didalamnya adalah sekitar 11,6 gram, sementara sisanya merupakan sumber dari vitamin C dan A. Karena buah semangka memiliki kandungan kolesterol dan lemak yang rendah, buah ini sangat aman bagi penderita penyakit jantung. Asam amino yang terkandung didalamnya menjaga peredaran darah tetap lancar pada arteri pembuluh darah dan melancarkan peredaran darah hingga sampai ke jantung.