Info Terbaru

10 Orang Terkaya Pemilik Klub Sepakbola

10 Orang Terkaya Pemilik Klub Sepakbola
10 Orang Terkaya Pemilik Klub Sepakbola - Dengan berbagai liga besar di seantero jagad, sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga yang paling mendatangkan uang di dunia. Tak heran jika para pemilik klub pun merupakan orang-orang berkantung super tebal. Mereka adalah para konglomerat yang menguasai bisnis menguntungkan di dunia, mulai dari baja, media dan fashion.

Lantas, siapa sajakah mereka?

Berikut daftar 10 miliarder pemilik klub bola ternama di dunia menurut Forbes.

10. Silvio Berlusconi
Harta: $5,9 miliar
Klub: AC Milan

Berada di urutan 10 adalah taipan sekaligus politisi Italia, Silvio Berlusconi.

Pemilik AC Milan ini membangun kerjaan bisnisnya melalui perusahaannya, Finivest.

Berlusconi juga pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Italia. Ia akhirnya lengser karena tuduhan penggelapan pajak serta dugaan melakukan hubungan seksual dengan gadis di bawah umur.

Selain Finivest, bisnisnya juga merambah ke sektor real estate, televisi dan perfilman.

9. Philip Anschutz
Harta: $7,6 miliar
Klub: Los Angeles Galaxy, Houston Dynamo, Hammarby FC

Di nomor 9 adalah Philip Anschutz, salah satu pendiri Major League Soccer yang merupakan kompetisi teratas sepakbola Amerika Serikat. Saat ini, ia adalah pemilik LA Galaxy, Houston Dynamo dan Hammarby FC. Ia bahkan pernah memiliki lima tim MLS secara bersamaan.

Anschutz menghasilkan uang dari bisnis investasi. Ia memulai usahanya dengan membeli perusahaan pengeboran milik ayahnya sendiri. Ia lalu beralih ke bisnis investasi, real estate dan kereta api.

8. John Fredriksen
Harta: $11,3 miliar
Klub: Valerenga

Urutan ke 8 ditempati oleh John Fredriksen, seorang pengusaha kapal tanker nomor satu dunia. Ia juga merupakan taipan dalam bisnis perkapalan dunia.

Saat ini Fredriksen adalah pemilik armada tanker minyak terbesar di dunia. Ia juga menggeluti bisnis pengeboran minyak lepas pantai.

Klub yang dinaunginya saat ini adalah Valerenga di Norwegia.

7. Roman Abramovich
Harta: $12,1 miliar
Klub: Chelsea

Roman Abramovich adalah konglomerat asal Rusia yang sering menjadi headline berita sepakbola dunia sejak mengakuisisi Chelsea.

Di luar sepakbola, ia juga pemilik Millhouse LLC, sebuah perusahaan investasi. Abramovich dikenal menggunakan taktik jitu - dan terkadang ilegal - untuk melipat gandakan hartanya.

6. Francois Pinault
Harta: $13 miliar
Klub: Stade Rennais

Francois Pinault berada di urutan ke 5. Ia membangun bisnisnya dengan mendirikan perusahaan retail di Prancis bernama PPR.

Kini pemilik klub Stade Rennais ini juga merupakan pemegang saham produsen sepatu Converse, produsen tas Samsonite dan beberapa perusahaan lain.

5. Paul Allen
Harta: $15 miliar
Klub: Seattle Sounders

Paul Allen yang menempati posisi 5, adalah salah satu pendiri Microsoft. Selain memiliki Seattle Sounders, Allen juga merupakan pemilik klub NFL Seattle Seahawks dan tim NBA Portland Trailblazers.

Pengaruh Allen di Sounders sejauh ini cukup baik. Ia mampu mengangkat ketertarikan publik terhadap sepakbola di Amerika. Sounders mencatat rata-rata 31 ribu penonton per pertandingan.

4. Rinat Akhmetov
Harta: $16 miliar
Klub: Shakhtar Donetsk

Di urutan ke 4 adalah Rinat Akhmetov, seorang pengusaha dan anggota parlemen Ukraina.

Akhmetov membangun kekayaan dengan menjadi pendiri sekaligus presiden System Capital Management. Namun ia juga pernah dicurigai memiliki kaitan dengan organisasi kejahatan di Ukraina.

Saat ini Akhmetov merupakan pemilik klub Shakhtar Donetsk, salah satu anggota Liga Primer Ukraina. Donetsk merupakan tim pertama dari Ukraina yang memenangkan piala UEFA (kini Liga Europa) tahun 2009.

3. Alisher Usmanov
Harta: $18,1 miliar
Klub: Arsenal

Alisher Usmanov adalah taipan Rusia yang menghasilkan uang melalui investasi pertambangan, perkayuan dan investasi lain. Bisnisnya yang lain mencakup beberapa stasiun TV serta perusahaan penerbitan.

Usmanov saat ini memegang 29% saham di Arsenal. Ini menjadikannya sebagai pemegang saham terbesar kedua klub tersebut. 
 
2. Lakshmi Mittal
Harta: $20,7 miliar
Klub: Queens Park Rangers

Di posisi ke 2 adalah Lakshmi Mittal, konglomerat kelahiran India yang kini tinggal di Inggris.

Mittal membangun kerajaan bisnisnya di industri baja. Saat ini ia adalah pemilik 41% saham di perussahaan baja terbesar di dunia, ArselorMittal.

Ia juga pemilik 34% saham klub Premier League, QPR.


1. Amancio Ortega Gaona
Harta: $37,5 miliar
Klub: Deportivo La Coruna

Dan inilah miliarder nomor wahid di dunia sepakbola. Dia adalah Amancio Ortega Gaona, pengusaha Spanyol yang memperoleh pundi-pundi uang dari perusahaan tekstil, Inditex.

Gaona adalah sosok low profile yang jarang diberitakan media. Meski begitu, ia merupakan orang terkaya ke lima di dunia.

Ia adalah pemilik klub La Liga, Deportivo de La Coruna. Klub ini terakhir menjadi jawara liga pada tahun 2000. Setelah itu, Deportivo lebih banyak berkiprah di papan tengah dan bawah La Liga.

10 Orang Terkaya Pemilik Klub Sepakbola
Sumber : http://www.yangasik.com/2012/10/10-orang-terkaya-pemilik-klub-sepakbola.html