Info Terbaru

Gua Kristal Raksasa Dibawah Gurun Pasir

Waow, Gurun Pasir ini Punya Gua Kristal Raksasa!

Gua Kristal Raksasa Dibawah Gurun Pasir - Tidak ada stalagmit dan stalagtit batu dalam gua di bawah Gurun Chihuahua, Meksiko. Seperti harta karun yang tersembunyi, gua ini justru dipenuhi ratusan kristal raksasa setinggi 12 meter. Wow!

Giant Crystals Cave atau Gua Kristal Raksasa, begitulah destinasi ini sering disebut. Gua yang juga menjadi tambang kristal di bawah Gurun Cihuahua yang berada di Naica Mine, Meksiko, Amerika Tengah.

Awalnya pada 1910, ditemukan gua kristal di kedalaman 120 meter. Gua ini disebut Cave of the Swords. Bayangkan, masing-masing kristal memiliki tinggi sekitar 2 meter!

Waow, Gurun Pasir ini Punya Gua Kristal Raksasa!

Kemudian pada tahun 2000, gua kristal kembali ditemukan di kedalaman 304,8 meter. Ternyata, isi gua yang ini jauh lebih spektakuler. Gua ini pun akhirnya dinamakan Cave of the Crystals alias Gua Kristal.

Seperti yang dijelaskan dalam situs resmi The Giant Crystal Project Site, gua ini menjadi penemuan geologi dan mineralogi paling spektakuler. Di dalamnya terdapat 170 kristal setinggi 12 meter dengan diameter 2 meter!

Waow, Gurun Pasir ini Punya Gua Kristal Raksasa!

Meskipun kristal-kristal ini terlihat berkilau dan seperti es yang sangat dingin, suhu di dalam gua ini berbanding terbalik. Suhu di dalam gua ini sangat panas, bisa mencapai 60 derajat Celcius dengan tingkat kelembaban 90-100 persen. Hampir tidak ada manusia yang kuat
berlama-lama berada di sana.

Kristal-kristal yang terbentuk karena proses alam ini pun mengundang perhatian traveler. Dalam situs yang sama juga dijelaskan, kalau tambang di gua ini masih berstatus aktif. Gua ini juga tak hanya dijadikan objek geologi. Wisatawan tetap mempunyai akses untuk masuk ke dalam gua ini, hanya saja jumlahnya yang dibatasi. 

Waow, Gurun Pasir ini Punya Gua Kristal Raksasa!

Karena suhu di dalam gua yang sangat panas, wisatawan yang masuk ke dalam gua ini harus menggunakan pakaian khusus. Para penjelajah gua harus menggunakan jas pelindung, helm pelindung lengkap dengan head lamp, dan ransel berisi es. Butuh waktu 20 menit bagi para penjelajah gua ini untuk tiba di pintu masuk Cave of the Crystals.

Walaupun tampak menggoda, kristal-kristal raksasa di gua ini bukan untuk dicuri. Pernah kejadian, seseorang mencoba mengambil kristal tersebut dengan memotongnya. Tapi yang terjadi, ia malah mendapatkan luka yang dalam akibat goresan kristal tersebut.