Info Terbaru

6 Tips Berpakaian untuk Wawancara Kerja

6 Tips Berpakaian untuk Wawancara KerjaBerpakaian yang pantas saat wawancara kerja sangatlah penting.  Kita tentunya tidak ingin mengacaukan kesempatan pertama yang mungkin juga adalah kesempatan satu-satunya yang kita miliki hanya karena alasan ‘salah kostum’.

Hal pertama yang perlu kita perhatikan adalah kepribadian atau gaya perusahaan itu. Jika Anda melamar ke perusahaan periklanan, media hiburan dan lifestyle, atau untuk pekerjaan di bidang kreatif, busana apa pun asal trendi dan tetap sopan tentu bisa digunakan. Namun untuk perusahaan seperti bank, firma hukum, atau perusahaan yang menyediakan jasa konsultan, gaya berpakaiannya pun sedikit konservatif. Tidak mungkin kita datang saat wawancara kerja dengan color-blocking outfit seperti celana panjang warna kuning terang dan atasan yang berwarna ungu. Mereka mungkin akan menganggap Anda tidak menghargai perusahaan tersebut dengan berpakaian seperti itu.

Lalu pakai baju apa? Celana panjang atau rok hitam dipadu-padankan dengan atasan putih? Apakah Anda familiar dengan kombinasi ini? Kombinasi ini adalah pilihan paling aman untuk kita, tapi juga terlihat membosankan. Masih banyak cara berbusana selain hitam-putih yang akan membuat Anda terlihat sopan, trendi, dan juga modern saat wawancara kerja, sehingga bukan tak mungkin akan memberi nilai tambah di mata pewawancara. Berikut ini contohnya.


1. Hitam mungkin terkesan membosankan tetapi Anda bisa memadu-padankan hitam dengan warna apa pun untuk menciptakan kesan yang jauh dari membosankan.  Entah itu celana panjang, rok, atau dress hitam, salah satunya harus ada di lemari pakaian Anda. Pilihan warna lainnya adalah warna-warna tanah atau warna pastel lembut seperti coklat atau krem. 

6 Tips Berpakaian untuk Wawancara Kerja

2. Jangan terlalu banyak memperlihatkan kulit Anda. Pastikan atasan Anda tidak menunjukkan bagian-bagian tertentu dari tubuh Anda yang akan dianggap tidak pantas atau tidak sopan. Tak harus kemeja berkerah. Anda tak sedang akan ikut ujian di kampus. Anda bisa menggunakan blus tanpa lengan, atau bahkan tank top polos. Namun gunakan blazer untuk menutupi lengan yang terbuka. Blazer akan membuat Anda terlihat lebih profesional, sopan, dan modern. Anda juga bisa memadu-padankan blazer dengan dress.
6 Tips Berpakaian untuk Wawancara Kerja

3. Jika Anda merasa satu atau dua warna yang Anda pakai terlalu biasa dan membosankan, tambahkan ikat pinggang dengan warna yang berbeda.

4. Pakai sepatu yang tertutup. Dianggap lebih sopan jika Anda tidak menunjukkan jari-jari kaki Anda. Hindari menggunakan sepatu baru karena mungkin saja sepatu baru akan membuat kaki Anda sakit atau membuat kulit Anda terkelupas. Hindari juga sepatu dengan hak yang terlalu tinggi, tentunya Anda tidak ingin dianggap terlalu berlebihan, bukan? 


5. Pilih tas berukuran sedang yang mampu menampung semua barang Anda dan tetap terlihat bagus dari luar.
6 Tips Berpakaian untuk Wawancara Kerja

6. Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah memastikan rambut Anda rapi. Entah digerai atau diikat, pastikan rambut Anda sopan dan tidak berlebihan seperti rambut yang ditata untuk pesta. Pastikan kuku Anda bersih, pakai parfum dengan wangi yang tidak berlebihan, dan pakai make-up secukupnya.  Terakhir, pastikan Anda mengetahui isi lemari Anda dan mencoba memadu-padankan apa yang Anda punya sebelum membeli barang baru.

Lepas dari itu semua, hal yang terpenting adalah kepribadian Anda dan bagaimana Anda mempresentasikan diri Anda sendiri. Jadi diri Anda apa adanya, percaya diri, dan sukses untuk wawancara kerja Anda! 


6 Tips Berpakaian untuk Wawancara Kerja
http://id.she.yahoo.com/tip-berbusana-untuk-wawancara-kerja.html