Info Terbaru

Percantik Tampilan Windows Explorer dengan Better Explorer

Percantik Tampilan Windows Explorer dengan Better Explorer - Saya yakin Anda pernah mendengar pepatah, “Jangan menilai buku dari sampulnya.” Meski pepatah ini benar adanya, tetapi untuk beberapa hal pepatah ini tidak selamanya benar. Misalnya pada kasus penampilan sebuah komputer, tampilan yang menarik akan memberikan kesan yang lebih baik, sebaliknya penampilan yang kurang menarik akan memberikan nilai yang buruk pula. Windows 8 mempunyai kelebihan berupa tampilan yang lebih atraktif dan menarik, hal tersebut kemudian membuat versi pendahulunya terlihat kuno dan usang.

Percantik Tampilan Windows Explorer dengan Better Explorer

Agar dapat mempercantik tampilan Windows Explorer pada Windows 7 Anda, cobalah aplikasi bernama Better Explorer. Aplikasi ini mempunyai kemampuan mengadopsi gaya dan fitur yang dimiliki oleh File Explorer Windows 8 sehingga tampilan Windows Explorer Anda akan benar-benar sama dengan File Explorer-nya Windows 8. Saya akan berikan panduan instalasi dan kita ulas beberapa fitur yang dimiliki oleh Better Explorer ini.
Download aplikasi Better Explorer di sini: better-explorer.com/downloads/
Setelah proses download selesai, sekarang jalankan proses instalasi.


Klik tombol Next jika Anda melihat jendela dialog seperti ini.


Scroll mouse Anda sehingga jarum navigasi berada di dasar, baru kemudian centang kotak I Accept the terms of this agreement, lalu klik tombol Next.


Pilih Typical dan ikuti perintah sistem sampai aplikasi benar-benar berhasil diinstal.


Pada saat proses instalasi selesai klik tombol Run Better Explorer maka aplikasi akan langsung berjalan. Setelah aplikasi terinstal, maka setiap kali Anda jalankan Windows Explorer baik via desktop atau Start Menu, Aplikasi Better Explorer akan serta merta aktif mengambil alih perintah kerja.
Nah, inilah tampilan Windows Explorer yang telah diintegrasikan dengan aplikasi Better Explorer. Terdapat beberapa perbedaan tentunya, seperti menu ribbon dan juga tampilan tab yang lebih kecil.


Untuk merubah pengaturan aplikasi, silahkan klik menu File dan klik Options. Sesuikan pengaturan dengan kebutuhan Anda.


Di dalam Windows Explorer yang baru ini, Anda dapat membuka banyak tab layaknya browser internet. Cukup dengan meng-klik menu ribbon Home – New Tab, maka otomatis tab baru akan terbuka. Operasi ini dapat juga Anda jalankan dengan memencet hotkeys CTRL + T.


Jika pada Windows Explorer lama, tool Format, Clean Up, Defrag dan Properties terletak di menu Properties via klik kanan. Dengan aplikasi Better Explorer Anda akan menemukan tool-tool tersebut pada menu ribbon Drive.



Ada banyak lagi fitur-fitur tambahan yang akan Anda temukan setelah menginstal aplikasi Better Explorer ini, karena keterbatasan waktu dan media saya hanya ulas beberapa saja. Anda dapat menjelajah lebih jauh dengan langsung menjalankan proses instalasi dan mencoba aplikasi Better Explorer ini.

sumber